Friday, March 29, 2013

Cerita dibalik ENSIKLOPEDI DEWI!


Alhamdulilah hari Minggu tanggal 24 Maret kemarin kami sukses menyelenggarakan Family Weekend untuk ke-4 kalinya yang berjudul Ensiklopedi Dewi! Acara kali ini diselenggarakan dalam rangka Hari Perempuan Internasional. Bertempat di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII. 

Acara ini terbagi atas dua kegiatan paralel. Kegiatan pertama adalah permainan Ensiklopedi Dewi itu sendiri untuk anak usia 5-12 tahun, sedangkan kegiatan lainnya adalah Toddler Class untuk anak usia 2-4 tahun.

Dalam permainan Ensiklopedi Dewi anak-anak harus mengumpulkan 7 sticker dewi dari berbagai peradaban kuno dunia untuk ditempelkan di museum trail mereka. Untuk dapat sticker, mereka harus menemukan benda-benda museum tertentu yang berkaitan dengan perempuan

Benda pertama yang harus ditemukan adalah Ratu pada set catur keramik berwarna biru dari Belanda. Setelah menemukan si ratu, peserta akan bertemu Kak Amdi dari Museum Ceria. Di pos ini Kak Amdi meminta mereka menuliskan tanggal lahir dengan angka Romawi. Setelah berhasil maka Kak Amdi akan bagi-bagi sticker Dewi Fortuna. Dewi Fortuna adalah Dewi Keberuntungan Bangsa Romawi. 

 Ini Adinda dan Ihsan lagi main sama Kak Amdi dengan angka-angka Romawinya!

Benda kedua yang harus ditemukan adalah Lukisan dari Mesir. Di dekat lukisan ini sudah stand by Kak Dicky yang akan memandu anak-anak main Scarab. Setelah selesai main Kak Dicky lalu memberikan sticker Dewi Nut, Dewi Langit dan Surga bagi bangsa Mesir Kuno!

 Meutia, Satria dan Rahul lagi asyik main Scarab nih :)

Setelah dari Mesir di utara, anak-anak lalu diajak berjalan-jalan ke selatan Benua Afrika: Afrika Selatan! Museum Purna Bhakti Pertiwi punya Lukisan bergambar Perempuan dari Suku Zulu, Afsel. Nah, di pos 3 ini anak-anak dan Kak Daru main puzzle lukisan Suku Zulu untuk dapat sticker Dewi Nomkhubulwane. Dewi Hujan dan Kesuburan bagi Suku Zulu. 


Sekarang giliran Dhitta dan Dhitto yang mejeng abis menyelesaikan puzzle Lukisan Suku Zulu nya!

Setelah puas berkeliling lantai satu sekarang waktunya untuk menjelajahi lantai 2 Ruang Utama Museum Purna Bhakti Pertiwi. Di atas ada 3 pos lagi. Pos yang ke-4 temanya India. Anak-anak dan Kak Saiful asik main game Pachisi. Game Pachisi ini berasal dari India Kuno yang kemudian di adaptasi jadi permainan Ludo. Dewi di pos ini adalah Durga, Dewi Hindu tertinggi istrinya Dewa Siwa!

 Kak Saiful salting nih difoto bareng Aurora hehe..

Di pos berikutnya, pos 5, anak-anak sibuk banget nih bikin pembatas buku dari boneka origami untuk dapat sticker Dewi Kannon, Dewi Welas Asih umat Buddha yang dikenal juga dengan nama Dewi Kwan Im.


Kak Fifi lagi asik ngajarin Revia, Revandio dan Farrell bikin pembatas buku

Naah, terakhir anak-anak ketemu lagi sama Kak Amdi. Tapiii, sekarang Kak Amdi ngajarin mereka menulis nama masing-masing dengan huruf Rune Kuno, hurufnya Bangsa Vikings. Sticker Dewinya yang dibagikan adalah Dewi Freyja! Dewi Cinta dan Kecantikan dari Skandinavia :) 

 
Setelah selesai semua pos dan berhasil menemukan beberapa benda "ekstra" maka anak-anak akan dapat bonus sticker loh! Yaitu stickernya Dewi Mouseion, Dewi Kesenian dan Ilmu Pengetahuan dari Yunani Kuno. FYI, kata MUSEUM berasal dari nama Dewi Mouseion ini lho :)

Pinjem foto nya Bu Niken dari Liburananak.com, ini foto Malik dan Trailnya setelah berhasil mengumpulkan semua stickernya, yeaay!!
 
 
Selama Ensiklopedi Dewi berlangsung, adik-adik kecil juga punya acara sendiri loohhh.. Mereka bersama Kak Chusnul dan Kak Hanum sibuk storytelling Cerita Kaguya dan Role Play Cerita Ramakien sambil nyanyi2. Mereka juga menempel boneka origami ke sertifikatnya masing-masing.  Origaminya yang bikin Kak Hanum dan Kak Salich loh, keren yaa! Oya, Ibu Nyoman, Direktur Museum PBP amazed banget dengan adanya Toddler Class ini. Beliau lantas minta DAAI TV yang meliput acara ini untuk spesial men-shoot si adik2 kecil ini :)
 
 Suasana chaos nya Toddler Class hehe.. 
 
 Sertifikatnya Freya, salah satu peserta Toddler Class.


Nah, setelah semua kegiatan permainan selesai, aktifitas utama pindah ke Kafetaria museum hehe.. Disana Kak Niko dan Kak Ibel sudah siap sedia dengan snack box dan cupcake dari Itsybitsy-bite. Hmm, nyam2.. Sebenarnya acaranya dijadwalkan selesai jam 11, tapi karena museumnya terlalu besar jadi agak mundur selesainya hehe.. Sambil snack time (dan banyak juga yang lunch time hehe) akhirnya kami mengumumkan yang ditunggu2: DOORPRIZE!

Doorprize pertama adalah 2 bingkisan pakaian dari @urbanbabyID. Yang menang Revia dan Lava! Pas banget, giliran bajunya untuk anak laki-laki kecil yang menang Lava! Tapi, pas doorprize Lavanya lagi asik bobo di stroller, jd yang terima hadiahnya eyangnya deh :) Ini foto2nya.. 



Doorprize berikutnya 2 voucher diskon 50% dari Anahata Spa Resort Bali! Yipeee! Farrell dan Alby sebagai pemenangnya siap2 liburan ke Bali deh hehe :) Dan terakhir yang ditunggu2: voucher menginap gratis 1 malam di Novotel Bogor dimenangkan oleh Difa! Beruntungnyaa :) Selamat menikmati semua hadiahnya yaa... 







Finally, kami seluruh crew Museum Ceria mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah memeriahkan acara. More photos and videos will be upload soon. Maaf menyusul yaa hehe, karena belum ketemu-ketemu lagi nih sama Kak Jelita yang sibuk nge-shoot2 waktu itu.. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung: Museum Purna Bhakti Pertiwi, Itsybitsy-bite, Novotel Bogor, Anahata Villa & Spa Resort Bali, @urbanbabyID, Liburananak.com dan Mommiesdaily! 

Sampai ketemu di acara-acara Family Weekend selanjutnya...
Best Regards,
Museum Ceria



 Ensiklopedi Dewi's Crews: Salich - Niko - Hanum - Fifi - Daru - Chusnul - Saiful
                    Jelita - Ajeng - Ibel - Dicky - Amdi

No comments:

Post a Comment