Friday, December 6, 2013

Ancient History with Homeschooling Kak Seto



Hello Museum Geeks !! we are back with a new museum story..~~
Selasa, 26 November 2013 kemarin, kita bermain dengan adik-adik dari Homeschooling Kak Seto (HSKS), di Museum Nasional ! yeay !! Mereka semua menyerbu Museum Nasional menggunakan kostum kuning, pasukan HSKS ini terdiri dari 70 anak-anak usia SD (kelas 1-6), mereka juga didampingi oleh guru-guru yang menggunakan baju merah.
Lalu kemudian mereka dipecah menjadi dua kelompok besar. yakni kelompok yang terdiri dari adik-adik SD kelas 1-3 sejumlah 30 orang, dan kelas 4-6 berjumlah 40 orang, yang kemudian dipecah lagi menjadi kelompok kecil berjumlah sekitar 10 orang.
3 kelompok (1-3) dibimbing oleh kak Dwi, kak Jeffry dan kak Ovi ! mereka bermain mencari Ganesha yang tersebar di Gedung Lama Museum Nasional.. lalu mereka harus mendeskripsikan ciri-ciri Ganesha, pada tau kaaan Ganesha itu dewa yang seperti apa ? hehehe...

Dimana yaa Ganeshanya~
Setelah itu ada permainan lainnya nih yang ngga kalah serunya ! Roleplay mitos Samuderamanthana... ituloh mitos tentang tersebarnya senjata-senjata (laksana) para dewa serta cikal-bakal terjadinya gerhana bulan, disini mereka dengan bebas memilih untuk menjadi dewa apa atau raksasa apa... ada dewa Matahari (Surya), dewa bulan (Chandra), Dewa Pemelihara (Wisnu), Dewa Penghancur (Siva), Rahu sang Raksasa, dan sebagainya ! mereka terlihat sangat antusias, karena ini adalah perang antara para dewa dan raksasa di lautan susu !

Dewa Matahari dan Raksasa !!

4 Kelompok lainnya (kelas 4-6) bermain menjadi epigraf ! tau epigraf kan ? itu loh seorang ahli dalam membaca huruf-huruf kuno, mereka dibimbing oleh kak Hana, kak Afi, kak Dewi, dan kak Rio, seru sekali memecahkan teka-teki yang tertulis dengan huruf jawa kuno ! dan tentunya prasasti tersebut ada banyak, dan tersebar di Gedung Lama, dan Gedung Baru, oh iya ! mereka diberikan sarung tangan loh untuk bisa memegang Prasasti-prasasti tersebut, supaya prasasti tersebut tidak rusak, kan sayang kalo rusak, nanti pas mereka sudah besar ngga bisa liat lagi doong.

Para Epigraf Muda~

Setelah mereka selesai semua dengan permainan tersebut, kemudian break makan siang, lalu acara dilanjutkan dengan story telling oleh kak Dwi !, namun story telling kali ini bukan seperti biasanya, karena story telling yang ini menggunakan wayang beber sebagai medianya !, kak Dwi menceritakan tentang bagaimana bisa ada yah dewa Ganesha, sang Dewa yang berkepala Gajah, dan bertubuh manusia, serta dipercaya sebagai dewa penghalang bencana dan dewa Ilmu Pengetahuan. Melihat antusiasme anak-anak yang cukup tinggi, kak Dwi hampir saja kewalahan saat story telling.

Storytelling mitos Ganesha

Setelah itu acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari kelompok terbaik ! kelompok terbaik di kategori SD kelas 1-3 adalah kelompok 1 dan kelompok terbaik pada kategori SD kelas 4-6 adalah kelompok 6 ! mereka dinilai berdasarkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan trail dengan cukup cekatan hehehe ! hebat-hebat ya pasukan kuning HSKS ini.
Sekian memori yang menyenangkan bersama adik-adik dari Homeschooling Kak Seto di Museum Nasional pada tanggal 26 November 2013 kemarin... sampai bertemu dilain kesempatan !

Sampai jumpa dilain kesempatan~


No comments:

Post a Comment