Sunday, July 12, 2015

Apa Manfaatnya Membawa Anak Liburan ke Museum?



Di kala liburan sekolah dan liburan lebaran seperti sekarang ini, media masa sering memberitakan mengenai betapa positifnya mengisi liburan dengan berkunjung ke museum karena akan menambah pengetahuan. Sebetulnya, manfaat apa (selain mendapatkan pengetahuan) yang dapat diperoleh dari membawa anak-anak liburan ke museum?

1)   Berfikir Kreatif
Satu museum dengan museum lain pasti memiliki tema dan koleksi berbeda! Koleksi museum terkadang merupakan benda-benda masa lalu, benda material kebudayaan manusia yang berbeda dengan kita, benda seni, atau spesimen sains. Barang-barang koleksi museum biasanya jarang kita temui di rumah, di sekolah, ataupun di pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pengalaman mengunjungi museum menjadi pengalaman yang berbeda bagi anak. Sedangkan, anak yang distimulasi untuk melihat dan mengalami banyak pengalaman berbeda sejak kecil akan membuat daya kreatifitasnya bertambah.

2)   Membuka Wawasan
Objek-objek yang berbeda dari apa yang dilihat oleh anak sehari-hari juga dapat menumbuhkan rasa penasaran dan membuat anak berfikir kritis. Museum dapat memperkenalkan anak dengan kata-kata yang sebelumnya tidak diketahui anak, bahkan membuka wawasan anak terhadap berbagai cabang ilmu pengetahuan baru yang sebelumnya tidak dikenalnya. Melalui museum, anak juga dapat lebih mengenal dunia tempat tinggalnya.

3)   Belajar Mencari Informasi
Terkadang orang tua enggan mengunjungi museum bersama anak karena takut tidak dapat menjawab pertanyaan anak! Justru, mengunjungi museum dapat memberikan manfaat untuk mengajarkan kepada anak bahwa mencari informasi mengenai hal-hal yang tidak diketahui itu menyenangkan! Anak belajar mengajukan pertanyaan, melihat objek dengan lebih detail, dan mendapat jawaban dari membaca informasi yang ada atau dengan cara mengeksplorasi museum.

4)  Menumbuhkan rasa ketertarikan
Mengunjungi museum dapat menstimulasi anak untuk merasa tertarik terhadap hal-hal baru. Tidak menutup kemungkinan bahwa kunjungan ke museum di masa kecil membuka ketertarikan anak terhadap tema-tema tertentu yang akan berperan besar di masa depannya nanti. Sering mengunjungi museum juga dapat menumbuhkan minat anak terhadap sejarah, warisan budaya dan warisan alam Indonesia. Apabila dari kecil anak sudah belajar untuk merasa memiliki warisan budaya, warisan alam dan sejarah negara kita, maka di masa depan mereka akan tergerak untuk terus melindunginya.

5)  Memori Keluarga
Kunjungan ke museum bersama keluarga juga akan menjadi momen tersendiri. Setiap kunjungan pasti memiliki cerita berbeda, dan kunjungan-kunjungan itu akan terus ada di memori anak maupun orang tua hingga anak-anak besar nanti. Kunjungan keluarga ke museum juga dapat mempererat ‘family bonding’ karena adanya interaksi mendalam, berbagi cerita sejarah keluarga, dan berbagi pengetahuan serta pengalaman antara anak dan orang tua.

Selain itu, liburan ke museum juga ekonomis! Memang ada beberapa museum swasta yang mengharuskan pengunjung membayar tiket masuk yang cukup mahal, namun banyak juga museum pemerintah yang harga tiket masuknya murah! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bawa anak liburan ke museum!

Tips membawa anak ke museum di liburan lebaran: cek museum yang akan anda kunjungi adalah museum swasta atau museum pemerintah? Kalau museum pemerintah, museum akan tutup di hari-hari liburan cuti bersama. Namun, kalau museum swasta biasanya justru buka disaat liburan. Pastikan jam buka dan HTM nya di website museum masing-masing. 


Written by: 
Ajeng Ayu Arainikasih, M.Arts
Founder & Director of Museum Ceria
 

1 comment:

  1. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari DOLLAR online secara mudah tanpa modal dan legal modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama STEAM gift card, gem coc , Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AY85570
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)

    ReplyDelete