Friday, September 20, 2013

Oud Bank Mysterie with The Voice English Course - September 15, 2013

Heeeylooooo Museum Geeks !!! Museum Ceria is back with another fun story !.

Kali ini Museum Ceria mengajak adik-adik dari The Voice English Course. Pada kegiatan kali ini kami mengajak mereka untuk tour di Museum Bank Indonesia dan dilanjutkan dengan Games Oud Bank Mysterie di Museum Bank Mandiri. 
Kegiatan dimulai dengan perkenalan dari Staff-staff museum ceria yang akan menemani adik-adik dari The Voice. Ada kak Ajeng, kak Chusnul, kak Saiful, kak Fifi, kak Jessica, kak Rere, kak Daru serta kak Alqiz sebagai Tukang Foto alias Fotografer ! setelah itu kami memasuki Museum BI, (FYI untuk masuk ke Museum BI itu Cuma-Cuma loh alias GRATIS !!) .
Perkenalan Muscer Crew dengan adik-adik The Voice

Pelayanan yang ramah dari Museum Bank Indonesia

Tour dimulai saat memasuki ruang pameran yang menceritakan mengapa orang-orang eropa datang ke Indonesia, mereka sangat tertarik dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia, karena di negara mereka, rempah-rempah tidak dapat tumbuh, dan mereka ingin mengkonsumsi rempah-rempah untuk menghangatkan badan mereka. Lama kelamaan mereka melakukan kolonialisme terhadap Nusantara, untuk memonopoli rempah-rempah yang ada di negeri kita ini dan untuk mendukung kegiatan tersebut, mereka membangun suatu lembaga ekonomi bernama De Javasche Bank.
Ruang Pameran 1

Ruang Pameran 2
Selain itu di dalam ruang pamer ini terdapat juga sejarah singkat mengenai perekonomian Indonesia, mulai dari lahirnya yang dulunya Bank Indonesia yang dulu merupakan De Javasche Bank hingga krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998. Tour dilanjutkan ke ruang pamer numismatik, di ruang pamer ini kami melihat uang-uang yang pernah beredar di Indonesia serta uang-uang yang ada pada beberapa negara yang ada di dunia loh !!! seru kan ?? penasaran ? datangg yuk !

Wahh ada kaca pembesar untuk melihat detail setiap uang :D

Acara dilanjutkan dengan games di Museum Bank Mandiri. Adik-adik The Voice terbagi dalam 6 kelompok yang dibedakan berdasarkan Grade mereka. Masing-masing kelompok tersebut kemudian diberikan surat dari Opa van Callenfels, melalui surat itu ternyata Opa ingin memberikan hadiah untuk adik-adik The Voice !!!

Pemberian Surat dari Opa van Callenfels


Opa memberikan Cek dan berpesan bahwa untuk mendapatkan hadiah, adik-adik The Voice harus memecahkan teka-teki, mencari petunjuk dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Opa seperti seorang detektif ! Setelah itu mereka diberikan petunjuk pertama, mereka harus mencari Cek dari Bank Koperasi Tani dan Nelajan bernomor D 727857 di Hall Museum Bank Mandiri, lalu mereka harus menyebutkan jumlah uang yang harus dibayarkan kepada penerima cek tersebut kepada Fasilitator Museum Ceria, kak Chusnul !!
Menariknya isi surat dar Opa van Callenfels !

Kak Chusnul dan adik-adik The Voice yang berhasil memecahkan clue pertama



Lalu kak Chusnul memberikan petunjuk kedua, mereka diharuskan memecahkan teka-teki pada petunjuk ini, teka-teki ini merujuk bahwa mereka dapat menginvestasikan uang mereka dalam bentuk deposito dan saham ! serta memecahkan teka-teki lainnya agar mereka bisa mendapatkan petunjuk ketiga dari kak Jessica ! Petunjuk ketiga tersebut ternyata mengharuskan mereka untuk pergi ke ruang bawah tanah yang dulunya merupakan Brankas !!
Mencari jawaban clue kedua !
Yeayy, berhasil memecahkan clue kedua, dan sekarang kak Jessica memberikan clue ketiga dan menunjukkan dimana Brankas berada...


Wow disana ternyata ada Kak Daru si penjaga batangan emas !, mereka masing-masing kemudian diberikan emas oleh kak Daru, dan diberikan petunjuk keempat. Upss ternyata mereka harus membaca petunjuk terakhir tersebut sambil bercermin, karena tulisan yang ada di petunjuk tersebut terbalik! 

Kak Daru dimana yahhhh ???

Wahhh, emas dari Kak Daru !!
Isi petunjuk keempat menyebutkan bahwa ternyata mereka telah mendapat keuntungan dari berinvestasi deposito, saham dan emas, dan mereka harus pergi ke lantai 1 untuk mencairkan investasi mereka dalam bentuk uang. Di lantai 1 kak Fifi telah menunggu, kak Fifi kemudian memberikan mereka penghargaan karena telah memecahkan Oud Bank Mysterie.
Yeayy dapet sertifikat dari Kak Fifi

Terimakasih Opa !!!

Demikianlah hari minggu yang kami habiskan bersama adik-adik dari The Voice English Course dengan penuh kesenangan! sampai jumpa di cerita lainnya !!! :D



Let's experience museums in a fun way !!!!

No comments:

Post a Comment